Minggu, 11 April 2021

Pengertian, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik

 


Jika membahas tentang pertumbuhan dan perkembangan tentu tidak jauh dari pandangan fisik, seperti tinggi pendeknya siswa, berat badan, warna kulit, gaya rambut, hingga perbedaan yang tidak kasat mata seperti kecerdasan dan tingkat kematangan mentalnya. 

PENGERTIAN PERTUMBUHAN DAN FAKTOR-FAKTOR Yang MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN

Pengertian Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat dalam perjalanan waktu tertentu. 

Seperti contoh lingkar kepala, dada, pinggul, lengan, dan sebagainya. 

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan

1. Faktor sebelum kelahiran

Pertumbuhan akan mengalami gangguan apabila ibu pada masa hamil kekurangan nutrisi atau janin terkena virus, janin mengalami keracunan selama dalam kandungan, terkena infeksi bakteri siplis, TBC, dll. 

2. Faktor saat dilahirkan

Proses kelahiran bayi juga bisa mempengaruhi pertumbuhan individu. Misalnya, pada saat dilahirkan bayi mengalami intracarnial hemorage atau pendarahan pada bagian kepala yang di sebabkan oleh tekanan dinding rahim ibu sewaktu lahir. 

3. Faktor sesudah kelahiran

Termasuk di dalam golongan ini adalah pengalaman traumatis pada kepala bayi, kepala bagian terluka karena terpukul/terbentur, mengalami serangan sinar matahari ( zonestiek), infeksi pada otak atau selaput otak, dll. 

4. Faktor Psikologis

Trauma psikologis juga dapat mempengaruhi pertumbuhan individu. Misalnya, bayi yang di tinggalkan oleh ibu, ayah atau kedua orang tuanya atau anak-anak yang di titipkan pada suatu lembaga ( rahasia sakit, panti asuhan, dll). Ank tersebut akan mengalami kehampaan psikis (innanitie psikis), kurang mendapat stimulus emotional yang juga akan mempengaruhi pertumbuhan pada semua fungsi jasmaniah. 

PENGERTIAN PERKEMBANGAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN 

Pengertian Perkembangan

Perkembangan adalah suatu perubahan, perubahan ke arah yang lebih baik, lebih dewasa. Dengan kata lain secara tehnis perkembangan adalah suatu proses dari yang sederhana menjadi perkembangan yang kompleks. Perkembangan merupakan hasil dari proses fisik, ( physical process) yang meliputi perubahan individu yang bersifat biologis. Kematangan (maturation). 

Perkembangan juga merupakan hasil dari proses kognitif ( cognitive process), meliputi perubahan yang terjadi dalam pikiran, kecerdasan, dan bahasa individu. Misalnya, bayi mengamati benda warna warni yang terayun di atas box nya. Selain proses biologis dan proses kognitif perkembangan juga merupakan hasil dari proses sosial-emosional (sociemotional process) yang meliputi perubahan-perubahan dalam hubungan individu dengan orang lain, perubahan pada kepribadian. 

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan

Banyak berbagai pendapat ahli mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan. Dari berbagai pendapat tersebut dapat dikelompokkan ke dalam 3 aliran, yaitu :

1. Nativisme

Aliran nativisme berpendapat bahwa perkembangan manusia dipengaruhi atau ditentukan oleh faktor-faktor yang dibawa sejak lahir (natus=lahir), jadi perkembangan semata-mata tergantung pada sifat manusia yang bersifat bawaan. 

2. Empirisme

Aliran empirisme berpendapat bahwa perkembangan manusia dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan, sedangkan dasar tidak memainkan peranan sama sekali. 

3. Konvergensi atau Interaksionisme 

Aliran ini berpendapat bahwa dalam perkembangan individu baik dasar atau pembawaan maupun lingkungan skemungama-sama memaikan peranan yang penting. 

PERKEMBANGAN BERLANGSUNG DALAM TAHAPAN-TAHAPAN PERKEMBANGAN 

Manusia berkembang melalui tahapan-tahapan perkembangan. Pada setiap masa perkembangan terdapat ciri-ciri perkembangan yang berbeda-beda sesuai tahapan umur. Tahapan-tahapan tersebut secara umum dapat di bagi sebagai berikut;

a. Masa bayi (antara 0-1 tahun) 

b. Masa anak pra sekolah (antara 1-5 tahun) 

c. Masa sekolah ( antara 6-12 tahun) 

d. Masa remaja (antara 13-21 tahun) 

e. Masa dewasa ( antara 21-65 tahun) 

f. Masa tua ( 65 tahun ke atas).

DAFTAR PUSTAKA

Hurlock, Elizabeth. ...... Perkembangan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan Jakarta: Erlangga. 

King A, Laura. 2010. Psikologi Umum. Terjemahan. Jakarta: Salemba Humanika. 

Nursalim, Muh. dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik

  Jika membahas tentang pertumbuhan dan perkembangan tentu tidak jauh dari pandangan fisik, seperti tinggi pendeknya siswa, berat badan, war...