Minggu, 11 April 2021

Pengertian dan definisi dari ilmu psikologi pendidikan dalam suatu pendidikan

 Sebagai sebuah ilmu, psikologi bisa di katakan berkembang lebih akhir di bandingkan dengan ilmu-ilmu lain seperti sains, kedokteran atau biologi. Namun, dalam sejarahnya psikologi berkaitan dengan semua upaya manusia untuk memahami manusia itu sendiri. Sederhananya, psikologi merupakan ilmu saling mengenal watak, cara berfikir dan cara pandang manusia dengan manusia lain sebagai suatu jalinan hubungan antar sosial seperti pada pendidikan. Diperlukannya ilmu psikologi pendidikan sebagai proses mengajar dengan baik dan menemukan solusi terbaik dari pelbagai macam masalah yang dihadapi pendidik saat berada di suatu pendidikan.

PENGERTIAN DARI ILMU PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Kata psikologi pada dasarnya adalah ilmu yang mempelajari kompleksitas manusia, sedangkan kata pendidikan adalah produk yang di kembangkan manusia untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang berkaitan dengan sumber daya manusia itu sendiri.

DEFINISI

Menurut Santrock (2010:2) menjelaskan Psikologi Pendidikan sebagai berikut; "Educational psychology is the branch of psychology that specializes on understanding teaching and learning in educational setting". Yang artinya "Psikologi Pendidikan adalah cabang dari ilmu psikologi yang berupaya memahami proses pengajaran dan pembelajaran dalam konteks pendidikan.

Dalam ilmu psikologi pendidikan banyak membahas berbagai macam teori pembelajaran serta dari sudut perkembangan peserta didik untuk memudahkan pendidik menyukseskan peserta didik dalam pendidikannya. Adapun jika di rumuskan berdasarkan aspeknya yang di kaji, maka psikologi pendidikan meliputi hal-hal berikut;

1. Proses pembelajaran ( termasuk metode mengajar, gaya mengajar, dan teknik manajemen pembelajaran).

2. Pelajar (orang yang belajar) dan proses belajar (termasuk penempatan kaidah-kaidah psikologi tentang berfikir dan psikologi perkembangan yang memperlihatkan prinsip, perbedaan individual dan gaya belajar).

3. Lingkungan ( termasuk kaitan sosial tentang lingkungan sekolah dan keluarga).

TUJUAN

Menurut Santrock (2004), tujuan dan manfaat psikologi pendidikan adalah agar kita dapat menjadi guru ataupun calon guru yang lebih baik.

Mempelajari psikologi pendidikan tidak serta-merta menjadikan kita guru ataupun calon guru yang lebih baik. Akan tetapi, mempelajari psikologi pendidikan akan memberikan alat yang efektif ke tangan guru, karena ilmu ini memberikan informasi mengenai pemahaman karakteristik peserta didik atau siswa, pemahaman karakteristik proses belajar juga pembelajarannya dan pemahaman lingkungan sekitar siswa untuk di manfaatkan dalam peningkatan proses dan hasil belajar. Mengapa perlu guru atau calon guru memahami ilmu psikologis pendidikan? Karena sangat penting guru dapat memahami masalah akademik dan profesional seperti, mengerti motif siswa, kepribadian, kemampuan, gaya berfikir dalam belajar serta tingkah laku sosial siswa. Guru di katakan berhasil apabila siswa mampu memahami, menjelaskan dan menerapkannya dengan baik apa yang telah guru ajarkan. Oleh sebab itulah maka, pendidik sangatlah perlu untuk mengenal ilmu psikologi pendidikan dan mampu memberikan kontribusi terhadap anak didik sehingga motivasi belajar mereka bertambah dengan seiring berjalannya waktu.

MANFAAT MEMPELAJARI ILMU PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Manfaat mempelajari psikologi pendidikan secara khusus bagi pendidik yaitu;

1. Peka terhadap perilaku dan kebutuhan manusia untuk belajar.

2. Mengembangkan diri sendiri untuk menjadi manusia pembelajaran dan dapat membagi ilmunya sendiri pada orang lain secara profesional.

3. Mengetahui teknik-teknik yang tepat untuk memaksimalkan potensi belajar anak didik.

4. Mampu menganalisa kekurangan dan kelebihan dalam metode belajar mengajar baik terhadap diri sendiri maupun orang lain serta berupaya untuk terus memperbaikinya.

Sedangkan manfaat mempelajari psikologi pendidikan bagi siswa didik yaitu;

1. Memahami perilaku dan proses mental dalam proses belajarnya sendiri

2. Meningkatkan motivasi dan nilai belajar

3. Mengembangkan diri menjadi manusia pembelajar

4. Mengenali kelebihan dan kelemahannya dalam belajar.

  DAFTAR PUSTAKA

Santrock, J.W. (2004). Educational Psychology. Terjemahan. McGraw- Hill: New York

Santrock, J.W. (2010). Educational Psychology, 5t Edition. Terjemahan. McGraw-Hill: New York


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik

  Jika membahas tentang pertumbuhan dan perkembangan tentu tidak jauh dari pandangan fisik, seperti tinggi pendeknya siswa, berat badan, war...